Idul Fitri bukanlah perayaan hura-hura

by - Wednesday, August 31, 2011

aslm people =)
hari ini sebagian umat muslim di jakarta merayakan idul fitri. dan ada hal menarik yang ingin saya bahas tentang perayaan hari idul fitri itu sendiri =)

teman-teman, pernahkah kamu perhatikan dengan detil apa saja yang orang-orang lakukan ketika menyambut dan merayakan idul fitri? dari riset saya sendiri (walaupun tidak jelas jumlah sample berapa orang :D) orang-orang biasanya menyambut dan merayakan idul fitri dengan:
1. sms / bbm : selamat lebaran. minal aidin wal faidzin. mohon maaf lahir dan batin
2. beli baju baru
3. masak sampe mabok
4. makan sampe mabok
5. silaturahmi
6. rumah sangat berantakan (terutama dapur)

WOW. banyak yang ingin saya bahas tentang ini.
1.  sms / bbm : selamat lebaran. minal aidin wal faidzin. mohon maaf lahir dan batin.
pendapat saya:
apakah orang-orang sungguh mengerti makna dari menyelamati hari lebaran? mengapa lebaran harus diselamati? sebenarnya mungkin diartikan selamat karena telah berjuang sebulan penuh, akan tetapi berapa persen orang yang benar2 berjuang penuh selama bulan ramadhan?sebagian besar manusia yang saya lihat tampak santai-santai saja selama ramadhan dan mereka pun turut menerima ucapan selamat.
mohon maaf lahir dan batin. sesungguhnya apa makna dari memohon maaf saat idul fitri? mungkin untuk menyempurnakan kesucian diri yang telaah diraih selama bulan ramadhan. tetapi yang ada sekarang itu, bukan untuk menyempurnakan kesucian tetapi memang sebagai momentum khusus untuk meminta maaf (bahkan ada yang menunggu sampai lebaran untuk bisa minta maaf karena gengsi :)) hahha )

well, memang ga ada salahnya dengan mengucapkan selamat lebaran dan minta maaf. bagus malah, hanya saja sayang sekali kalau ucapan tersebut hanya formalitas yang menyemarakkan perayaan idul fitri setiap tahun. andai orang-orang lebih memahami dan memaknai apa yang mereka ucapkan.

setelah berpikir seperti itupun saya mengganti kata-kata ucapan selamat idul fitri saya dengan:
- alhamdulillah telah sampai di hari nan fitri ini. semoga tempaan di bulan ramadhan menjadikan kita pribadi yang lebih baik kedepannya karena idul fitri bukanlah akhir tetapi justru awal dari perjuangan kita. dan karena sebuah awal perjuangan, saya membersihkan diri saya dengan mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.

maksud saya adalah, alangkah lebih baiknya jika setiap kata yang keluar itu dimaknai dan bukan hanya formalitas saja.

2. beli baju baru
kegiatan ini merupakan tradisi turun menurun di Indonesia :D hehehe termasuk di keluarga saya :D
ada sebagian orang yang memang membeli baju khusus menjelang lebaran. jadi dalam 1 tahun dia hanya  berbelanja sekali. sebenarnya merupakan tradisi yang unik dan tidak salah juga. akan tetapi, ada yang perlu digaris bawahi: kegiatan berbelanja seharusnya tidak menjadi prioritas dan bahkan membuat orang menghabiskan waktu lebih banyak di mall ketimbang ibadah.  kalau mengingat kasus ini saya jadi ingat sebuah cerita di novel favorit saya waktu kecil : Lupus. ceritanya begini, ada anak yang dijanjikan akan dihadiahi sepedah motor oleh ayahnya jika ia lulus ujian akhir dengan nilai baik., karena terlena ia hanya memikirkan ingin membeli motor apa. ia cari habis-habisan motor apa yang paling cocok dengan dirinya. karena terlalu fokus dengan si motor, ia pun lupa belajar dan malah tidak lulus. si ayah ngamuk motorpun hanya tinggal mimpi :D sama saja bukan hahaha

3. masak sampai mabok
ketupat opor sayur buncis semur dan rendang wajib hukumnya ada di meja makan setiap lebaran.
serunyaaaaaaa minta ampun. hahahhahahhaa masak heboh menjelang lebaran memang tradisi unik yang mebuat lebaran di indonesia sangat seru. sepanjang pengamatan saya tradisi ini oke oke aja, asal jangan lupa berbagi nikmatnya rendang dkk kpd orang yang cuma masak telor ceplok di rumahnya :D

4. makan sampai mabok
naaah ini dia yang biasanya membuat orang-orang jadi pada LEBAR-AN saat LEBARAN :))
rayakanlah hari kemenangan dengan bertindak layaknya seorang pemenang. menang itu termasuk menang melawan nafsu makan :)

5. silaturahmi
well, its goood . tapi biasanyaaa dijadikan kambing hitam untuk "bergosip", dan "menunda salat". WATCH OUT! :)

6.rumah sangat berantakan.
alesannya : iya makluum, si mbok pulaang.
hehehhehe dalam sudut pandangg seorang lady, (entah cowok) saya harus bisa membuat rumah tetap bersih bagaimanapun sibuknya . (well bagi saya perhatian terhadap rumah adalah sebuah misi tersendiri)

inti dari semua yang saya bahas dengan sangat panjang adalah, rayakanlah idul fitri dengan tepat. bukan layaknya orang yang tanpa ilmu . idul fitri bukanlah perayaan hura-hura seperti tradisi barat.

*apa yang saya tulis hanya merupakan opini saya. dan jika ada kesalahan semua berasal dari diri saya sebagai manusia. however, semoga berguna :)

You May Also Like

3 comments

  1. salah satu doa khutbah idul fitri tadi

    "Semoga Allah swt menerima amal ibadah kita dan menjadikan kita bagian dari orang yang kembali fitri dan menang dan sampaikan kepada kami Ramadhan"

    ReplyDelete
  2. kakak aku suka tulisan-tulisannya, salam kenal ya :)

    ReplyDelete